Minggu, 16 Juli 2017

PENGGUNAAN RUMUS EXCEL KOMBINASI IF, AND, MID, VLOOKUP & HLOOKUP




Welcome to my blog.....  

Kali ini saya ingin berbagi sedikit ilmu mengenai rumus - rumus kombinasi dalam Microsof Excel, langsung aja ya guys!!!

Pertama tama buat data tabel seperti dibawah ini pada progam Microsof Excel 2007 atau 2013, disini kita pakai yang 2007 yaaaa!

Isi setiap kolom yang kosong


 Data Tambahan


Soal & Intruksi :

1.  FASILITAS ditentukan oleh karakter ke 6 dari No Kartu


Untuk mengisi kolom Fasilitas kita dapat menggunakan rumus kombinasi :

HLOOKUP + MID”

Rumus kombinasi Hlookup + MID adalah rumus yang digunakan untuk menggabungkan pada tabel tambahan yang bentuknya horizontal dan data acuan ditentukan oleh karakter ke 6 dari No Kartu, itu artinya karakter ke 6 berada di tengah-tengah jadi menggunakan rumus MID

Maka masukkan rumus =HLOOKUP(MID(B6;6;1);$G$23:$J$24;2;FALSE)



2.  BIAYA PERIKSA ditentukan oleh karakter ke 3 dan 4 dari No Kartu dikalikan jumlah periksa



Untuk mengisi kolom Biaya Periksa kita dapat menggunakan rumus kombinasi :

“VLOOKUP + MID”

Rumus kombinasi Vlookup + MID adalah rumus yang digunakan untuk menggabungkan pada tabel tambahan yang bentuknya vertikal dan data acuan ditentukan oleh karakter ke 3 dan 4 dari No Kartu, itu artinya karakter ke 3 dan ke 4 berada di tengah-tengah jadi menggunakan rumus MID selain itu di akhir rumus di beri rumus * (dikali) kolom jumlah periksa

Maka masukkan rumus =VLOOKUP(MID(B6;3;2);$B$23:$C$28;2;FALSE)*G6



     3.  TOTAL BIAYA merupakan penjumlahan dari Biaya Periksa dan Biaya Obat

          Untuk mengisi kolom Total Biaya kita dapat menggunakan rumus :

“Kolom Biaya Periksa+Kolom Biaya Obat”

       
        Mengapa menggunakan rumus +  karena untuk mengisi kolom biaya periksa yaitu menjumlah antara biaya periksa dan biaya obat 
       
       Maka masukkan rumus =H6+I6



        4.  PENGEMBALIAN BIAYA ditentukan berdasarkan kategori berikut : 



           Untuk mengisi kolom pengembalian biaya kita dapat menggunakan rumus :

“IF”
 
       Rumus IF adalah rumus yang digunakan untuk menyatakan suatu kondisi, biasanya IF diiringi dengan jawaban True atau False, sehingga dengan menggunakan rumus logical test akan memberikan suatu nilai atau keputusan yang tepat sesuai dengan perhitungan.

       Mengapa menggunakan rumus IF karena kolom Pengembalian biaya ditentukan berdasarkan kategori - kategori dalam data tambahan, antara total biaya dan penentuan % pengembalian biaya


        Maka masukkan rumus  
        =IF(J6<250000;J6*10%;IF(J6<=400000;J6*20%;IF(J6>400000;J6*30%)))






     5.   Tempat untuk CEK LAB ditentukan JIKA umur pasien adalah lebih dari sama dengan 35 tahun AND jumlah periksa lebih dari 2, dengan kategori tempat cek lab ditentukan berdasarkan jenis fasilitas asuransi sebagai berikut : 


    Selain itu, “Tidak Ada Cek Lab”

       Untuk mengisi kolom Tempat untuk CEK LAB kita dapat menggunakan rumus :

“IF + And + HLOOKUP”

     Rumus IF + And + Hlookup adalah rumus yang digunakan untuk menyatakan suatu kondisi dan terdapat pengecualian dalam setiap kategori maka menggunakan rumus And dan menambah rumus Hlookup karena tabel acuan di data tambahan adalah horizontal.

       Mengapa menggunakan rumus IF + And + Hlookup karena Tempat untuk CEK LAB ditentukan JIKA umur pasien adalah lebih dari sama dengan 35 tahun AND jumlah periksa lebih dari 2, dengan kategori tempat cek lab ditentukan berdasarkan jenis fasilitas asuransi terdapat suatu kondisi, pengecualian, dan kategori penentuan serta data acuan.

        Maka masukkan rumus 
        IF(AND(E6>=35;G6>2);HLOOKUP(F6;$G$33:$J$34;2;FALSE);"Tdk Ada  Cek Lab")


 


      Ok Guys... akhirnya kita telah selesai mengisi setiap kolom yang kosong....

      Dan berikut hasil akhir tabel yang sudah terisi seluruhnya






       Terima Kasih..

        Semoga bermanfaat




2 komentar:

Makalah Manajemen Keuangan Isu Lanjutan

KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmatnya kepada kami sehingga kami dapat ...